Hiperglikemia Gula Darah Tinggi, Rentan Komplikasi

PENDERITA diabetes atau diabetesi harus mewaspadai risiko hiperglikemia sesudah makan. Kadar gula darah yang semakin tinggi akan merusak jaringan tubuh dan menimbulkan komplikasi terhadap pembuluh darah.
Masyarakat masih beranggapan diabetes sebagai penyakit orangtua atau penyakit karena faktor keturunan. Padahal, diabetes bisa menyerang segala usia dari berbagai status sosial. Di Amerika misalnya, peningkatan jumlah penderita diabetes sejalan dengan semakin banyaknya penduduk yang mengalami obesitas.

Tak aneh bila Ketua Diabetes Indonesia Prof Sidartawan Soegondo MD PHD FACE menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula sedini mungkin saat usia menginjak 30 tahun. "Hal ini disebabkan perubahan lifestyle anak dan remaja. Akibat perubahan gaya hidup ini, mereka lebih berisiko mengalami diabetes tipe 2," katanya.

Diabetes mellitus merupakan suatu kondisi ketika kadar glukosa (gula sederhana) di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara cukup. Untuk mengetahui seseorang mengalami diabetes atau tidak, maka dapat dilakukan dua cara, yaitu dengan melihat kadar glukosa darah sewaktu puasa dan mengecek kadar glukosa darah dua jam setelah makan.

Dunia kedokteran juga mengenal istilah hiperglikemia postprandial atau kadar gula darah dua jam sesudah makan yang melebihi nilai normal. Dalam keadaan normal, kadar gula darah dua jam sesudah makan kurang dari 200 mg/dl. Namun, pada individu dengan diabetes melitus, kadarnya melebihi atau sama dengan 200 mg/dl.

"Penderita diabetes harus mewaspadai risiko hiperglikemia postprandial karena berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Hiperglikemia postprandial merupakan keadaan yang berbahaya," kata Prof Sidartawan kepada sejumlah media di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Diabetesi berisiko terkena penyakit kardiovaskular 2-4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bukan pengidap diabetes. Kondisi pradiabetes juga akan menjadi ancaman menuju penyakit kardiovaskular.

"Seseorang yang mengalami hiperglikemia tidak akan merasakan gejala apa pun. Walaupun demikian, semakin tinggi kadar gula darah atau sekira 160 mg/dl, biasanya akan makin sering kencing atau sering merasa haus," papar pria kelahiran Amsterdam, 14 Agustus 1944, seraya menambahkan semakin tinggi tingkat hiperglikemia postprandial, semakin meningkat pula risiko penyakit kardiovaskular.

Meningginya kadar gula dalam darah merusak jaringan fungsi sel beta yang bertugas mengeluarkan insulin. Kondisi ini akan menyebabkan pembuluh darah mengalami stres. Lama-kelamaan akan terjadi pengerasan di pembuluh darah atau biasa disebut arteroskelerosis.

Sementara itu, Clinical Assistant Professor dari University of South Florida College of Medicine Vibhuti N Singh MD MPH FACC FACAI mengungkapkan, plak yang semakin menumpuk menyebabkan arteroskelerosis hingga menyumbat aliran darah. "Pembuluh darah akan semakin tertekan dan mengganggu irama jantung. Plak mampu melebarkan pembuluh darah dan penggumpalan darah dan menyumbat arteri sehingga akan merusak jantung," ungkap Sigh.

Untuk itu, sangat penting perawatan sedini mungkin karena rangkaian penyakit yang menyertainya. Pengendalian yang baik pada glukosa setelah makan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular. Prof Sidartawan menambahkan, hiperglikemia postprandial dapat diatasi dengan diet dan latihan jasmani.

Bila keadaan ini tidak berhasil, maka diperlukan obat hipoglikemik oral. Obat hipoglikemik oral atau acorbose bekerja lokal di usus halus dan tidak mengakibatkan efek samping sistemik, tidak mengakibatkan hiperinsulinemia (kelebihan kadar insulin dalam darah) dan menurunnya kadar gula darah (hipoglikemia) maupun resistensi insulin. Acarbose ditelan bersamaan suapan pertama pada waktu makan.

"Efek samping penggunaan golongan obat ini adalah sering kentut karena makanan dihambat penyerapannya," tandas guru besar ilmu penyakit dalam FKUI itu. Selain melakukan perubahan gaya hidup dengan diet dan latihan jasmani, diabetesi pun harus mengonsumsi obat hipoglikemik oral sepanjang hidupnya.

sumber : susukolostrum


Translate to : by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 


Copyright © 2009 herlinalistyaningrumblogmidwife story |Designed by edrus himawan